Bagaimana caranya agar selalu tetap bugar dan semangat?

Kelelahan, kelesuan adalah masalah yang akrab bagi siapa saja. Terkadang kedua hal ini sering disalahartikan sebagai kemalasan biasa. Tetapi sebenarnya, dua hal ini adalah tanda penting akan kurangnya energi dan vitalitas.

Bagaimana cara untuk menyimpan energi dalam tubuh Anda? Caranya sangatlah sederhana – Anda harus menyeimbangkan rutinitas harian Anda. Semakin seimbang maka semakin harmonislah hidup Anda. Apakah mungkin untuk menyeimbangkan rutinitas di kehidupan moderen seperti saat ini agar Anda selalu memiliki cukup waktu untuk kegiatan harian sekaligus tetap berenergi? Ternyata jawabannya adalah “Iya”. Dengan sedikit kedisiplinan, Anda akan dapat memperolehnya.

1. Sarapan

Jika Anda selalu minum kopi di pagi hari, Anda tidak perlu menghentikan kegiatan ini. Namun demikian, Anda juga tidak boleh melupakan sarapan pagi Anda yang bermanfaat. Meskipun mungkin sebenarnya Anda tidak terlalu bernafsu untuk sarapan. Setelah 8 jam tanpa makanan selama Anda tidur, tubuh memerlukan asupan untuk menebus kekurangan nutrisi yang sudah digunakan. Pada saat Anda tidur, tubuh Anda bekerja secara aktif untuk mempersiapkan hari yang baru. Jangan lupakan hal ini.

Mulailah hari Anda dengan sarapan pagi yang ringan namun bergizi. Dan jauh lebih baik jika menu sarapan Anda bukan bubur dengan gula atau roti dengan krim keju. Pilihan terbaik adalah bubur yang terbuat dari biji-bijian, gula dan garam, roti dengan selai kacang, telur dengan bayam, yogurt berbahan dasar alami serta smoothies atau jus buah. Dengan cara ini Anda mengisi tubuh Anda yang selanjutnya juga akan berpengaruh pada suasana hati Anda sepanjang hari itu. Sarapan yang seimbang adalah kunci dari hari yang seimbang dan menarik.

Sarapan

2. Bioritme

Kinerja manusia memiliki keterkaitan langsung dengan waktu. Seperti aturan yang sudah ada, waktu puncak kegiatan manusia dimulai dalam waktu 2-4 jam setelah bangun tidur. Mendekati makan siang, tubuh akan mulai merasakan lapar. Setelah makan kantuk pun mulai datang. Puncak berikutnya terjadi pada jam 4-5 sore atau pada jam 6-7 malam. Ini berlaku untuk orang yang sering bangun lebih awal. Sedangkan orang yang sering begadang biasanya energi akan muncul justru pada tengah malam.

Amati diri Anda sendiri. Kemungkinan besar Anda harus membuat grafik yang sesuai dengan bioritme tubuh Anda. Pada puncak keaktifan, berfokuslah pada hal yang terpenting dan tersulit dalam hari itu. Sebaliknya pada masa resesi, gunakan waktu yang ada untuk mengerjakan pekerjaan yang tidak menuntut banyak energi. Jika memungkinkan (misalnya pada hari libur), usahakan untuk tidur siang sejenak setelah makan siang.

3. Latihan fisik

Jika Anda mengalami kelelahan, latihan fisik mungkin menjadi hal yang Anda taruh di urutan terbuncit daftar kegiatan Anda hari itu. Namun jika Anda sedikit berusaha atau memaksa diri Anda untuk melakukan latihan fisik, maka setelah 20-40 menit berolahraga, Anda akan merasa jauh lebih bugar layaknya orang yang baru saja tertidur nyenyak selama 8-10. Anda akan memiliki kekuatan tidak hanya jasmani, melainkan juga rohani sementara kelesuan yang Anda rasakan menghilang. Hari Anda pun terus berlanjut!

Yang paling baik untuk Anda rencanakan adalah latihan fisik sebelum makan siang. Jika memungkinkan, habiskan sedikit waktu istirahat Anda di stadion atau pusat kebugaran terdekat selama setengah jam. Waktu ini sudah cukup untuk menyegarkan kembali tubuh Anda dan mengisinya dengan tambahan energi baru.

Jika setelah bekerja Anda tidak memiliki baik keinginan maupun tenaga untuk berolahraga, maka segeralah dapatkan gelang XPower. Gelang ini bekerja dengan bantuan kristal tourmaline yang akan mempengaruhi medan magnet dalam tubuh manusia. Cukup dengan mengenakan gelang ini seperti jam tangan, maka dalam waktu seminggu Anda akan merasakan energi Anda bertambah berkali-kali lipat.

XPower a dengan diskon 50%

4. Asupan yang seimbang

Makanlah setiap 2 jam sejumlah kecil makanan yang mengandung protein dan karbohidrat kompleks. Konsumsilah lebih banyak sayuran segar. Patut diingat bahwa makanan manis atau yang mengandung tepung akan membuat Anda kenyang namun dalam waktu 30-60 menit Anda akan kembali merasa lapar.

5. Sumber vitamin C

Jeruk, lemon, jeruk bali atau jeruk mandarin adalah sumber utama vitamin C yang akan mengisi tubuh Anda dengan energi dan vitalitas hidup. Semua buah bervitamin C ini dapat Anda konsumsi langsung maupun dalam bentuk jus. Selain itu, aroma yang dihasilkan buah-buahan ini dapat menghilangkan kelelahan sekaligus menghindarkan Anda dari kantuk. Untuk menjadi lebih efisien dan bersemangat, hiruplah minyak aroma terapi yang mengandung jeruk, jeruk nipis atau lemon. Dan buah tentunya merupakan asupan yang lebih baik daripada sebatang cokelat untuk makan siang Anda.

Jeruk

6. Waktu jeda

Pekerjaan yang dilakukan secara terus-menerus dan intensif akan memicu kelelahan yang muncul pada pertengahan hari. Jika waktu mengizinkan, usahakan untuk mencari jeda selama 5-10 menit setiap 2-3 jam untuk mengalihkan pikiran Anda. Dan jangan gunakan waktu istirahat Anda ini untuk berselancar melalui internet. Bersantailah dengan cara menutup mata Anda, menyalakan musik yang ringan, memikirkan tentang hal-hal yang patut Anda syukuri dalam hidup, orang-orang yang menyenangkan atau tentang kegiatan-kegiatan yang terjadi pada Anda sepanjang hari itu. Kegiatan ini akan mengatur otak Anda ke arah yang positif. Dan energi positif adalah sumber energi yang amat berharga bagi tubuh Anda.

Selamat beraktivitas!

Leave A Reply

Your email address will not be published.