Mungkinkah menurunkan berat badan tanpa melakukan olahraga?

Siapa pun yang bermimpi untuk menjadi langsing, pastilah pernah tercetus sebuah pertanyaan di benak mereka: “Bisakah kita menjadi langsing tanpa melakukan latihan fisik?”

Terlepas dari kenyataan bahwa latihan fisik memang amat membantu dalam menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan, banyak orang tidak memiliki kesempatan untuk mengunjungi pusat kebugaran atau melakukan olahraga pagi. Jadwal kerja yang padat, urusan rumah tangga, anak dan orang tua yang telah berumur lanjut – semua hal ini kemungkinan besar menyita waktu yang mereka miliki untuk berolahraga sejenak.

Pada dasarnya, menurunkan berat badan tentu dapat dilakukan tanpa bantuan latihan fisik. Namun untuk itu diperlukan perubahan pola makan dan gaya hidup yang tidak sedikit.

Aturan-aturan untuk menurunkan berat badan tanpa latihan fisik

Syarat utama penurunan berat badan: kalori yang dikeluarkan haruslah melebihi jumlah kalori yang dikonsumsi. Namun, tentu saja hal tidak semudah seperti yang dikatakan. Pada saat diet ketat, tubuh cenderung membentuk sebuah cadangan lemak “untuk hari-hari ke depan”. Hasilnya, alih-alih turun, berat badan sebaliknya malah bertambah. Karena itulah, proses penurunan berat badan tanpa latihan fisik lebih baik dilakukan tanpa membuat tubuh kelaparan dan menghindari diet ketat sedapat mungkin.

Satu-satunya cara untuk menurunkan berat badan tanpa berolahraga adalah dengan cara mempercepat metabolisme di dalam tubuh. Bagaimana cara melakukannya?

  1. Jangan melewatkan makan pagi. Konsumsi makanan di pagi hari akan memulai proses metabolisme di dalam tubuh Anda. Untuk mencerna sarapan yang dikonsumsi, tubuh menghabiskan banyak kalori.
  2. Tidurlah tidak kurang dari 7-8 jam per hari. Kurang tidur dapat memperlambat metabolisme di dalam tubuh.
  3. Kunjungi sauna atau sejenisnya. Sauna dapat membantu proses penurunan berat badan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.
  4. Kendalikan porsi kalori yang Anda konsumsi. Jika dalam satu minggu, kalori yang Anda konsumsi sedikit, di minggu berikutnya, konsumsilah lebih banyak. Pada minggu ketiga – kembali kurangi asupan kalori dan seperti itu seterusnya. Dengan cara ini, Anda memanipulasi tubuh sehingga nantinya tubuh Anda tidak akan menciptakan sebuah cadangan lemak yang tak perlu.
  5. Makanlah lebih sering namun dengan porsi kecil. Mencerna makanan membutuhkan lebih banyak energi. Jika Anda terus-menerus memakan sesuatu, maka energi Anda akan terus-menerus digunakan tanpa henti.

    alih-alih kopi hitam klasik, minumlah kopi hijau
  6. Minumlah kopi. Namun alih-alih kopi hitam klasik, minumlah kopi hijau. Kopi jenis ini benar-benar membantu penurunan lemak dalam waktu singkat. Hanya satu hal yang Anda perlu ingat: kopi hijau memiliki rasa yang benar-benar khas. Tidak suka kopi? Khusus untuk Anda, dunia medis telah mengembangkan sebuah obat “Kopi hijau di dalam tablet”, yang dijual di bawah merek Green Coffee Bean. Setiap kapsulnya mengandung asam klorogenat, kafein dan elemen lain yang biasanya dimiliki oleh kopi hijau. Berat badan rata-rata yang dapat diturunkan dengan bantuan obat ini adalah 5-6 kg per minggunya.
  7. Pantaulah porsi makan Anda. Jika Anda memutuskan untuk makan dengan porsi kecil namun sering, ubahlah piring yang Anda gunakan dengan piring yang lebih kecil. Piring tatakan untuk cangkir kopi cocok untuk ini misalnya!
  8. Makanlah dengan benar. Kurangi asupan makanan manis atau makanan yang mengandung tepung terigu. Konsumsilah lebih banyak buah, sayuran, daging tanpa lemak, ikan, bubur serta produk-produk yang terbuat dari susu.
  9. Minumlah lebih banyak air. Segelas air hangat sebelum sarapan akan dapat mempercepat metabolisme yang nantinya akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Jika Anda ingin menurunkan berat badan tanpa melakukan latihan fisik, semua prinsip-prinsip di atas harus menjadi bagian dari gaya hidup Anda.

Jebakan dari gaya hidup yang tidak aktif

Apakah penting untuk menghindari latihan fisik? Sebenarnya, gaya hidup yang tidak aktif akan memberikan Anda lebih banyak kerugian daripada manfaat.

Pertama, tidak aktifnya tubuh akan membahayakan limpa dan hati Anda.

Kedua, hanya latihan fisiklah yang membantu metabolisme Anda tetap sehat. Tentu saja Anda bisa mempercepat metabolisme tubuh Anda dengan cara-cara yang telah disebutkan di atas. Namun hasilnya masih akan tetap minimal.

Ketiga, telah terbukti secara ilmiah bahwa penggemar latihan fisik hidup lebih lama dan merasa jauh lebih percaya diri sepanjang hidup mereka.

Karena itu meskipun jika Anda tidak memiliki waktu sama sekali, cobalah sedapat mungkin meluangkan waktu Anda sedikitnya beberapa menit untuk melakukan latihan fisik ringan atau sekadar berjalan kaki di taman terdekat.

Leave A Reply

Your email address will not be published.