Pengobatan untuk infeksi cacing

Ekskresi parasit dari dalam tubuh – proses yang sangat sulit. Terkadang bahkan memerlukan waktu berbulan-bulan untuk menuntaskannya.

Mengapa cacing tidak berusaha untuk keluar dari tubuh manusia? Semua hal ini terkait dengan anatomi cacing-parasit itu sendiri. Mereka bisa tetap berada dalam organ dalam manusia dengan bantuan penghisap yang cukup kuat. Beberapa jenis cacing memiliki gigi yang secara harfiah akan menggigit jaringan dan membran mukosa yang terdapat dalam tubuh manusia. Karena itulah tidak heran bila parasit hidup dalam tubuh manusia selama tahunan bahkan puluhan tahun, perlahan-lahan mengancurkan tubuh manusia dengan cara meracuni organ-organ pentingnya.

Gejala penyakit yang disebabkan oleh parasit

Infeksi cacing merupakan masalah yang sangat rumit. Tidak semua orang akan mau melakukan serangkaian pemeriksaan hanya untuk mengidentifikasi kehadiran parasit di dalam tubuh mereka. Namun demikian, terdapat beberapa gejala yang 100% dapat mengindikasikan kehadiran parasit dan cacing di dalam tubuh.

  1. Berat badan berkurang dengan sangat drastis tanpa alasan khusus, atau sebaliknya – berat badan meningkat secara tajam bahkan ketika orang makanan atau nutrisi yang dikonsumsi tidak mencukupi.
  2. Peningkatan nafsu makan, terus-menerus merasakan lapar.
  3. Selalu merasa lelah dan lemah.
  4. Anemia.
  5. Timbulnya alergi pada usia dewasa.
  6. Sakit kepala hebat, migraine.
  7. Rasa berat di bagian kanan di bawah tulang rusuk.
  8. Gangguan pencernaan.
  9. Sering sembelit atau diare.
  10. Buruknya kondisi kulit, rambut dan kuku.
  11. Nyeri pada otot dan sendi.
  12. Seringnya muncul herpes di bibir.
  13. Menderita gangguan tidur.
  14. Menurunnya kinerja serta mudah merasa lelah.

Bagaimana cara mendiagnosis kehadiran parasit di dalam tubuh?

Jika Anda menemukan bahkan hanya setengah dari gejala-gejala yang telah disebutkan di atas, segeralah kunjungi dokter. Orang yang terjangkit parasit atau cacing, berbahaya tidak hanya bagi diri mereka sendiri, namun juga bagi orang-orang yang berada di sekitarnya. Penularan cacing dapat terjadi dalam bentuk kontak sehari-hari (jabatan tangan, ciuman, sentuhan dan lain sebagainya).

Analisis melalui tinja merupakan metode diagnostik parasit yang paling umum digunakan meskipun tidak terlalu efektif seperti kelihatannya. Keakuratan hasil tes ini hanyalah 15-17%.

Pengobatan untuk infeksi cacing

Dewasa ini, kehadiran parasit di dalam tubuh dapat didiagnosis dengan metode berikut ini.

  1. Serologi. Metode imunologi yang mendeteksi adanya antibodi terhadap racun atau zat-zat yang dihasilkan oleh cacing di dalam tubuh. Berlaku untuk setiap tahap penularan dengan keakuratan sebesar 60%.
  2. Histologi. Pengujian sampel tinja dengan bantuan mikroskop khusus – lebih andal daripada metode analisis tradisonal. Metode ini membantu mendiagnosis jenis cacing yang bersarang dalam usus manusia.
  3. Hemoscanning. Diagnosis melalui darah dengan menambahkan 1 tetes hingga 2 ribuan tetes tiap kalinya. Analisis ini menunjukkan kehadiran mikroflora asing di dalam tubuh.

Bagaimana cara menyembuhkan infeksi cacing?

Sebagian besar obat antiparasit biasanya memberikan dampak buruk bagi hati. Untuk membasmi cacing dan mengeluarkannya dari dalam tubuh, perlu untuk mengonsumi zat-zat beracun yang sebenarnya berbahaya tidak hanya bagi parasit, tetapi juga bagi tubuh induknya alias manusia. Dan setelah itu, dibutuhkan cukup banyak waktu untuk kembali memulihkan kesehatan.

Namun demikian, terdapat pula obat yang akan menghancurkan cacing tidak hanya dalam satu waktu sekaligus, tetapi dengan cara menciptakan suatu kondisi yang tidak tertahankan bagi cacing dan perlahan-lahan akan membunuh mereka. Tetapi proses ini akan memakan waktu 1-2 bulan.

Obat anti cacing terbagi ke dalam 3 kelompok:

  • disintesis;
  • tumbuhan herbal;
  • homeopati.

Tumbuhan herbal merupakan cara yang paling efektif sekaligus paling aman. Contoh paling umum adalah kapsul Intoxic. Dalam kandungannya terdapat sejumlah tumbuhan hijau yang dapat menciptakan suatu kondisi yang perlahan-lahan akan dapat menghancurkan cacing tanpa membahayakan tubuh manusia. Selain itu, obat ini juga akan membasmi tidak hanya ada cacing dewasa tetapi juga larvanya. Pengobatan ini memakan waktu kurang lebih 1 bulan.

Obat-obatan tradisional

Obat herbal tradisional biasanya digunakan sebagai tambahan dari obat-obatan yang digunakan untuk terapi. Konsultasi ke dokter diperlukan sebelum memulai pengobatan ini. Beberapa jenis obat ini tidak hanya mengeluarkan cacing dari dalam tubuh, tetapi juga membersihkan hati dan menghilangkan racun dari dalam tubuh.

Tumbuhan apakah yang dapat mencegah infeksi cacing?

  1. Bawang putih.
  2. Artemisia (hati-hati, tumbuhan ini berbahaya bagi anak-anak).
  3. Campuran Artemisia dan Tanacetum (tidak disarankan untuk anak-anak).
  4. Akar Inula. Efektif tidak hanya untuk melawan parasit yang bersarang di usus. Tumbuhan ini juga menghancurkan cacing yang hidup di paru-paru, darah, hati dan jaringan sistem saraf.
  5. Chelidonium. Menghancurkan cacing dan memulihkan fungsi hati.

Leave A Reply

Your email address will not be published.