Prinsip dasar penurunan berat badan

Siapa pun yang ingin membuang kelebihan berat badan dan tidak ingin membahayakan tubuh mereka, haruslah mempelajari beberapa aturan dasar berikut:

  1. Buanglah jauh-jauh dari pikiran Anda mitos mengenai puasa yang efektif;
  2. Lupakan selamanya tentang diet ketat di mana Anda harus membatasi asupan kalori hingga di bawah 1000 kilokalori;
  3. Jangan menggunakan minuman pelangsing yang meragukan, yang dengannya Anda dapat mengurangi kelebihan berat hingga 5-10 kilogram dalam semalam

Ingatlah, jika lemak berlebih tertimbun selama bertahun-tahun, maka untuk menghilangannya hanya dalam dua minggu adalah hal yang tidak mungkin. Tubuh manusia terbiasa dengan parameter yang sudah ditentukan yang sangat susah apabila harus diubah dengan cara ekstrim. Berat badan akan tetap bertahan meskipun kalori yang Anda konsumsi sudah dibatasi serendah apa pun.

Untuk menurunkan berat badan, pertama-tama Anda haruslah memilih asupan dengan rasio yang cocok untuk Anda.

Sayuran, protein hewani rendah lemak dan karbohidrat kompleks haruslah mendominasi menu makanan Anda.

Cobalah untuk menambahkan sayuran ke semua makanan yang Anda konsumsi. Anda bisa memakan apa pun yang Anda sukai, namun di sisi lain Anda harus memvariasikannya agar makanan atau produk yang sama tidak digunakan dalam menu selama lebih dari dua hari berturut-turut. Protein yang baik untuk dikonsumsi adalah:

  • Jenis daging tertentu: daging sapi muda, kelinci, daging sapi tanpa lemak;
  • Unggas: burung kalkun, daging ayam;
  • Ikan dan makanan laut.
diet seimbang

Juga dapat mengonsumsi produk siap saji di setiap sesi makan Anda, namun dengan catatan tidak lebih dari 80-100 gram. Untuk ikan dan makanan laut, pilihlah produk yang rendah kalori (jumlah kalori tidak melebihi 100 kk dalam setiap 100 gram). Sebagai contoh dari produk ini adalah ikan tuna, ikan mas, ikan seabass.

Untuk karbohidrat kompleks, Anda bisa memilih beberapa jenis biji-bijian ini: gandum, beras merah, quinoa, serta pasta yang terbuat dari gandum durum.

Produk-produk ini dapat menjadi sumber energi selama seharian penuh.

Jangan lupa untuk menentukan jam makan yang tepat.

Dari jam 12 hingga jam 6 adalah waktu untuk mengonsumsi sayuran baik yang sudah dimasak maupun masih dalam keadaan mentah;

Dari jam 6 hingga jam 9 – waktu untuk karbohidrat kompleks;

Waktu yang tersisa bisa Anda isi dengan konsumsi protein rendah lemak.

Selain itu, air putih juga berguna untuk menurunkan berat badan. Tubuh manusia kerap mengalami dehidrasi dan oleh otak sering disalahartikan sebagai kelaparan. Inilah yang menyebabkan banyak orang memakan makanan yang tidak perlu. Ada pendapat yang menyatakan bahwa setiap harinya manusia perlu meminum 1,5 – 2 liter air. Tentu saja tidak harus meminum semuanya sekaligus secara langsung jika Anda tidak terbiasa. Mulailah dengan jumlah yang menurut Anda nyaman (1-2 gelas air sehari), lalu perlahan-lahan naikkanlah jumlah air hingga mencapai jumlah yang diperlukan. Jangan menipu diri Anda sendiri: teh dan kopi – ini bukanlah pengganti air putih. Terutama jika minuman ini telah dicampur dengan susu, gula atau krim. Minuman berkalori (minuman soda dengan rasa manis, sari buah, alkohol) – lebih baik Anda tinggalkan.

Cari tahu seberapa mudah menurunkan berat badan

Leave A Reply

Your email address will not be published.